Selain Wortel, 6 Makanan Ini Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Mata

Selain Wortel, 6 Makanan Ini Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Mata

Sebagian orang memiliki waktu menatap layar lebih lama, terutama karena pekerjaan. Belum lagi menonton serial favorit atau sekedar memeriksa sosial media. Namun ada sesuatu yang dapat kita kendalikan yang dapat membantu kesehatan mata, yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang secara ilmiah terkait.

Mungkin jika tahu seberapa banyak Anda akan menatap layar sebagai orang dewasa, tentu akan lebih banyak mengkonsumsi wortel ketika masih anak-anak. Tetapi menurut ahli diet terdaftar Jenna Stangland, belum terlambat untuk mulai memasukkan makanan untuk kesehatan mata ke dalam rotasi makan Anda, dan tentu saja tidak terbatas hanya pada wortel.

Wortel sering disebut-sebut sebagai makanan super untuk kesehatan mata karena kaya akan beta-karoten, yang digunakan untuk memproduksi vitamin A, dan vitamin A membantu otak melihat lebih baik dalam cahaya rendah. Tetapi Stangland memiliki banyak makanan lain untuk kesehatan mata dalam daftarnya, yang dia ungkapkan di bawah ini.

6 makanan untuk kesehatan mata

1. Paprika

“Paprika berwarna cerah kaya akan vitamin A, yang sangat bagus untuk kesehatan mata,” kata Stangland, seperti dilansir dari laman Well and Good. “Alasan mengapa vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata adalah karena vitamin A merupakan antioksidan yang menahan stres oksidatif dan mencegahnya merusak sel lebih lanjut, termasuk di mata.”

Dia juga mengatakan bahwa paprika mengandung lutein dan zeaxanthin, dua nutrisi utama untuk kesehatan mata. “Yang unik dari lutein adalah satu-satunya karotenoid [sejenis antioksidan] yang bermigrasi ke retina,” kata Stangland.

Sedangkan lutein bertindak sebagai penghambat cahaya biru yang merusak, yang memancar dari layar. Zeaxanthin, katanya, bekerja dengan cara yang sama. “Ini tabir surya untuk mata,” katanya.

Tetapi sesuatu yang penting untuk diketahui tentang makanan ini, kata Stangland, adalah bahwa vitamin A larut dalam lemak. Ini berarti Anda harus memasangkan paprika dengan sumber lemak sehat yang baik. “Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memanggang atau menggorengnya dengan minyak zaitun,” saran Stangland.

2. Telur

Apa yang keren tentang lutein dan zeaxanthin adalah bahwa Stangland mengatakan nutrisi sering ditemukan bersama dalam makanan yang sama. Salah satu makanan tersebut adalah telur. “Lutein dan zeaxanthin secara khusus ditemukan di bagian kuning telur,” katanya. Nutrisi lain yang akan Anda temukan di kuning telur termasuk magnesium, kalsium, zat besi, kalium, dan seng. Jadi, Anda dapat menambahkan kesehatan mata sebagai alasan lain mengapa Anda tidak boleh memilih yang putih saja.

3. Sayuran berdaun gelap

Stangland mengatakan bahwa tempat lain Anda akan menemukan lutein dan zeaxanthin adalah sayuran hijau gelap seperti kale dan bayam. “Semua sayuran berdaun gelap memiliki nutrisi ini, yang merupakan alasan lain mengapa ahli diet sering merekomendasikannya kepada orang-orang,” kata Stangland.

4. Brokoli

Anda mungkin sudah tahu bahwa brokoli adalah sumber serat yang bagus, tetapi tahukah Anda bahwa brokoli juga mengandung banyak lutein dan zeaxanthin? Stangland mengatakan demikian, yang berarti sayuran silangan adalah makanan yang baik untuk kesehatan mata. “Tubuh tidak dapat membuat lutein dan zeaxanthin, itulah mengapa sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lutein dan zeaxanthin,” kata Stangland.

5. Chickpeas

Mengisi makanan dengan lutein dan zeaxanthin itu bagus, tetapi Stangland mengatakan nutrisi lain yang harus diperhatikan adalah zinc. “Zinc adalah pembawa vitamin A, dan sekali lagi, itu penting karena vitamin A membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif,” katanya. Salah satu sumber nutrisi adalah chickpeas, yang memiliki 1,5 miligram nutrisi per porsi. (Zinc adalah trace mineral, jadi meskipun penting, kita hanya membutuhkannya dalam jumlah kecil.)

6. Biji labu

Stangland mengatakan bahwa biji labu adalah sumber seng yang hebat lainnya, dengan 10 miligram penuh per porsi. Tambahkan ke salad Anda yang dibuat dengan sayuran hijau, brokoli, dan paprika dan Anda memiliki satu makanan pembangkit tenaga untuk kesehatan mata. Sementara semua makanan dalam daftar ini cukup mudah diakses, Stangland mengatakan bahwa ada kalanya Anda mungkin ingin mempertimbangkan suplemen.

HilmiRahasia dari kesuksesan kita adalah bahwa kita tidak pernah menyerah.

Posting Komentar untuk "Selain Wortel, 6 Makanan Ini Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Mata"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *