Pertolongan Pertama jika Tersiram Air Panas

Pertolongan Pertama jika Tersiram Air Panas

Salah satu luka bakar yang sering terjadi disebabkan oleh siraman air panas. Keparahan luka bakar yang disebabkan oleh air panas bisa beragam tergantung lokasi dan seberapa luas area kulit yang terkena.

Luka bakar akibat tersiram air panas sebaiknya diberi pertolongan pertama terlebih dahulu agar tidak makin parah. Dilansir dari laman Medis Web, berikut cara-cara yang dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama pada luka bakar yang disebabkan oleh tersiram air panas:

Langkah paling awal yang harus dilakukan jika tersiram air panas adalah dengan segera membasuhnya dengan air mengalir. Langkah ini dilakukan setidaknya 15 menit.

Jika tidak terdapat air mengalir, alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan merendam area yang terluka dengan air kemudian dikompres dengan air dingin. Anda dapat menyiapkan sebaskom air dan es batu dengan perbandingan 1:1. Gunakan handuk kecil untuk mengompres bagian yang luka. Jangan kompres bagian yang luka langsung dengan es batu karena beresiko besar menyebabkan radang dingin hingga syok.

Bila sudah didinginkan, penanganan yang dapat dilakukan berikutnya adalah dengan membersihkan luka dengan cairan infus atau larutan saline yang dapat dibeli di apotek. Caranya dengan membasahi kasa steril dengan cairan infus kemudian tepuk-tepuk secara perlahan pada luka bakar dan area sekitarnya lalu biarkan mongering. Jika kesulitan mendapatkan cairan infus, dapat menggantinya dengan antiseptik yang telah dicampurkan dengan air bersih.

Setelah dibersihkan dan sudah benar-benar kering, oleskan area kulit yang terluka dengan krim lidah buaya atau salep antibiotik. Tujuannya adalah untuk menjaga kelembapan dan mencegah timbulnya infeksi. Untuk menghindari kemungkinan masuknya kotoran dan debu, balut luka dengan perban steril atau pembalut luka lainnya.

Jika merasakan nyeri pada area luka, minumlah obat pereda nyeri seperti paracetamol dan ibuprofen. Minumlah sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Luka bakar ringan umumnya akan sembuh dalam kurun waktu 2-3 minggu. Pastikan merawat luka dan selalu menjaga kebersihan terutama di daerah yang luka. Jika ada tanda-tanda infeksi seperti demam, muncul nanah, dan daerah luka semakin sakit, periksakan diri ke dokter sesegera mungkin.

Benarkah Uap Air Panas Bisa Sembuhkan Covid-19?

HilmiRahasia dari kesuksesan kita adalah bahwa kita tidak pernah menyerah.

Posting Komentar untuk "Pertolongan Pertama jika Tersiram Air Panas"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *