Penanganan yang Tepat Ketika Anak Mengalami Kejang Demam

Penanganan yang Tepat Ketika Anak Mengalami Kejang Demam

Kejang demam cukup sering dialami oleh anak-anak. Kondisi ini terjadi jika anak mengalami kenaikan suhu tubuh hingga di atas 38 derajat celsius.

Melansir dari laman Rumah Sakit Umum (RSU) Harapan Bunda, sebagian besar kejang demam yang terjadi pada anak tidak berbahaya dan tergolong sebagai kejang demam sederhana (KDS). Jenis kejang ini biasanya berlangsung kurang dari 15 menit, tidak berulang dalam waktu 24 jam dan akan berhenti sendiri.

Namun orang tua harus waspada apabila anak mengalami kejang demam kompleks (KDK). Jenis kejang ini berlangsung lebih dari 15 menit, terjadi hanya di satu sisi bagian tubuh saja atau berulang lebih dari sekali dalam 24 jam.

Orang tua yang melihat anaknya mengalami kejang demam bisa menarik napas dalam terlebih dahulu agar tidak panik. Berikut merupakan langkah penanganan yang bisa dilakukan:

Orang tua perlu memeriksakan anak ke dokter apabila kejang yang dialami merupakan kejang pertama, berlangsung lebih dari 5 menit, anak tidak kembali sadar, mengalami kelumpuhan, leher kaku jika ditekuk, muntah-muntah hingga sesak napas. Hal ini penting dilakukan untuk mendiagnosis kejang demam atau kejang radang otak meningoensefalitis.

Anak Demam Tinggi Hingga Kejang, Chacha Frederica: Hancur Hati Ini Lari ke RS

HilmiRahasia dari kesuksesan kita adalah bahwa kita tidak pernah menyerah.

Posting Komentar untuk "Penanganan yang Tepat Ketika Anak Mengalami Kejang Demam"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *