Kunci Kulit Sehat dan Muda dengan Pergantian Sel, Ini Bedanya dengan Eksfoliasi

Kunci Kulit Sehat dan Muda dengan Pergantian Sel, Ini Bedanya dengan Eksfoliasi

Bagi Anda yang ingin mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus, kerutan, dan kulit kusam, kemungkinan besar Anda pernah mendengar tentang pergantian sel. Jika tidak, lihat bagian belakang produk perawatan kulit anti-penuaan favorit Anda atau baca deskripsi produk mereka secara online, Anda mungkin akan melihat bahwa mereka mempromosikan proses pergantian sel ini.

Apakah ada manfaat nyata dari pergantian sel, atau hanya cara lain untuk memasarkan produk perawatan kulit? “Pergantian sel adalah proses biologis pelepasan sel kulit mati untuk menggantikan sel kulit yang ada dengan sel sehat yang lebih muda,” kata Annie Gonzalez, dokter kulit bersertifikat di Riverchase Dermatology, seperti dilansir dari laman Real Simple. “Jika pergantian sel tidak terjadi, Anda bisa mengalami penumpukan, dan kulit tidak akan kencang atau mengkilap.”

Pergantian sel adalah proses yang terjadi secara alami. Namun, seiring bertambahnya usia, dapat melambat. Dr Gonzalez mengatakan bahwa kulit berubah setiap 14 hari ketika kita masih anak-anak. “Pada saat Anda mencapai usia 20-an, pergantian sel kulit berkurang 24 hingga 30 hari,” katanya.

Dokter kulit bersertifikat Hadley King, mengatakan pada saat kita berusia 40-an, sel-sel kita berubah setiap 45 hingga 60 hari dan meluas hingga setiap 60 hingga 90 hari seiring bertambahnya usia.

Selain penuaan, paparan sinar matahari, stres, dan hormon memengaruhi siklus kulit ini juga. “Tidak ada waktu yang tepat untuk memasukkan produk yang mendorong pergantian sel,” kata Dr. Gonzalez. “Namun, pertengahan 20-an akan menjadi ide yang baik untuk memasukkan bahan-bahan yang meningkatkan pergantian sel, terutama jika Anda menderita jerawat atau pigmentasi.”

Karena pergantian sel membantu menghasilkan sel-sel kulit baru yang sehat, Dr. Hadley mengatakan hal itu membantu menjaga kulit tampak cerah dan awet muda. “Pergantian sel mengurangi risiko timbulnya jerawat, mengurangi munculnya pori-pori besar, kerutan, garis-garis halus, dan pigmen berlebih,” tambah Dr. Gonzalez.

Ketika pergantian sel menjadi stagnan atau melambat, kekhawatiran seperti tekstur, warna, milia, dan jerawat yang tidak merata dapat terjadi karena akumulasi sel-sel kulit permukaan yang mati.

Anda mungkin menyadari bahwa eksfoliasi kulit membantu mengangkat sel-sel kulit mati untuk membuat kulit bercahaya dan lebih halus. Sementara proses pengelupasan dan pergantian sel serupa, eksfoliasi berbeda karena proses menghilangkan sel-sel kulit tua melalui alat, scrub, atau bahan kimia, jelas Dr. Gonzalez.

“Di sisi lain, pergantian sel terjadi secara alami dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk paparan sinar matahari, stres, hormon, diet, dan kesehatan secara keseluruhan,” katanya. Menurut Dr King, cara lain untuk memikirkannya adalah eksfoliasi kulit dapat membantu meningkatkan proses alami pergantian sel.

Saat Anda berbelanja produk perawatan kulit yang mendorong pergantian sel, Anda pasti ingin mencari bahan-bahan seperti retinol, asam alfa-hidroksi (AHA), seperti asam laktat, dan asam beta-hidroksi (BHA), seperti asam salisilat. “Retinol, AHA, dan BHA dapat membantu menghilangkan lapisan atas kulit dan meningkatkan pergantian sel,” kata Dr. Gonzalez.

Bagi Anda yang tidak dapat menggunakan retinol karena potensinya yang tinggi, bakuchiol adalah alternatif nabati yang bagus untuk jenis kulit sensitif. TGonzalez mengatakan niacinamide dan asam hialuronat juga membantu merangsang pergantian sel, yang merupakan bahan yang bermanfaat bagi kulit yang dapat digunakan semua jenis kulit. Jadi pada saat Anda keluar membeli produk perawatan kulit, pastikan untuk memperhatikan bahan-bahan ini untuk menjaga kulit Anda tetap sehat, kenyal, dan bercahaya.

HilmiRahasia dari kesuksesan kita adalah bahwa kita tidak pernah menyerah.

Posting Komentar untuk "Kunci Kulit Sehat dan Muda dengan Pergantian Sel, Ini Bedanya dengan Eksfoliasi"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *