Kuku Kering, Rapuh dan Mudah Terbelah Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Kuku Kering, Rapuh dan Mudah Terbelah Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kondisi kuku. Selain soal nutrisi yang buruk, juga bisa karena efek dari penuaan. Bahkan kondisi kuku kering, tipis, rapuh, mudah patah, warna yang tidak lazim, dan bentuk kuku tang aneh dan kondisi lainnya bisa mengungkapkan informasi penting tentang kesehatan, juga menunjukkan gejala penyakit serius.

Dilansir dari WebMD.com, menyebutkan beberapa tanda kondisi kuku yang dapat mengindikasikan penyakit. Misalnya jika kuku sebagian besar berwarna putih, bagian pinggiran lebih gelap, dapat mengindikasikan masalah hati, seperti hepatitis. Penderita gangguan hati juga menunjukkan kondisi kuku sangat pucat. Kondisi kuku tampak pucat juga bisa jadi tanda penyakit anemia, gagal jantung kongestif, juga nutrisi yang buruk.

Umumnya kuku kuning disebabkan infeksi jamur. Saat infeksi memburuk, dasar kuku bisa tertarik, dan kuku bisa menebal dan hancur. Selain itu, kondisi ini juga bisa menunjukkan kondisi yang lebih serius seperti penyakit tiroid yang parah, penyakit paru-paru, diabetes atau psoriasis.

Disamping itu, apabila kuku tampak berwarna kebiruan, bisa berarti tubuh kekurangan oksigen. Dengan kata lain, bisa mengindikasikan masalah paru-paru, seperti emfisema. Bahkan beberapa masalah jantung dapat dikaitkan dengan kuku kebiruan.

Secara bentuk, apabila permukaan kuku bergelombang atau berlubang, bisa jadi tanda awal psoriasis atau radang sendi. Begitupun kuku kering dan rapuh, mudah terbelah juga bisa dikaitkan dengan penyakit tiroid.

Kondisi lainnya adalah kulit di sekitar kuku tampak merah dan bengkak, ini dikenal sebagai peradangan lipatan kuku. Bisa terjadi akibat gangguan jaringan ikat lainnya. Parahnya lagi, apabila tampak garis-garis gelap di bawah kuku. Kondisi ini harus segera diperiksakan, pasalnya beberapa kasus disebabkan oleh melanoma, jenis kanker kulit yang paling berbahaya.

Namun perlu diperhatikan, tak semua kondisi perubahan kuku menyertai gejala penyakit serius. Sebab banyak kelainan kuku yang tidak berbahaya, misalnya tidak semua orang dengan kuku putih menderita hepatitis. Untuk memastikan gejala-gejala penyakit diatas, melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter adalah langkah terbaik.

HilmiRahasia dari kesuksesan kita adalah bahwa kita tidak pernah menyerah.

Posting Komentar untuk "Kuku Kering, Rapuh dan Mudah Terbelah Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *