Jangan Asal Resepkan Antibiotik, ini 4 Langkah Pencegahan Resistensi Antibiotik

Jangan Asal Resepkan Antibiotik, ini 4 Langkah Pencegahan Resistensi Antibiotik

Resistensi antibiotik merupakan kondisi di mana antibiotik tak lagi bisa membunuh kuman atau melawan bakteri pada infeksi yang ingin diobati. Kondisi ini akan membuat antibiotik tak efektif dalam menyembuhkan infeksi, sehingga menyulitkan proses penyembuhan.

Guna mencegah risiko tubuh resisten terhadap antibiotik, berikut disarikan dari berbagai sumber, beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Cuci tanganMelansir National Foundation for Infectious Disease di situs nfid.org, tubuh akan terus menerus terpapar jutaan kuman, maka lakukan ncuci tangan secara teratur dapat membantu melawan kuman dan mencegah terkena penyakit.

2. Kenali GejalaSaat terkena infeksi namun antibiotik tidak membuat luka membaik, justru malah memburuk, cobalah bicarakan hal tersebut pada tenaga profesional guna mendapat diagnosa.

3. Gunakan antibiotik dengan tepatTidak semua infeksi membutuhkan antibiotik, sedangkan beberapa infeksi tentu membutuhkan antibiotik yang berbeda. Pastikan Anda menggunakan antibiotik yang disarankan profesional, dan perhatikan dosis pakai yang tepat, jumlah dan waktu penggunaan. Jangan menggunakan antibiotik jika tidak disarankankan profesional.

4. Jangan gunakan antibiotik orang lainJangan meminum antibiotik yang diresepkan untuk orang lain. Selain itu, jangan menyimpan antibiotik untuk digunakan di lain waktu atau di kasus infeksi berikutnya.

Sementara itu, tenaga medis dapat membantu mencegah resistensi antibiotik dengan cara:

1. Resepkan antibiotik dengan hati-hatiPastikan untuk tetap mendapatkan informasi terbaru tentang praktik dan dosis antibiotik yang direkomendasikan.

2. Edukasi pasienBeritahu pasien tentang efek samping dan risiko yang terkait dengan antibiotik yang mereka pakai. Beritahu pasien tentang resistensi antibiotik dan bahaya penyalahgunaan.

3. Cuci tanganmuCuci tangan sesering mungkin, gunakan sarung tangan, pastikan peralatan bersih, dan lakukan tindakan pencegahan kontak dengan pasien yang baik.

4. Dapatkan vaksinasiMenjaga diri tetap sehat dapat memastikan bahwa Anda tidak menularkan patogen berbahaya kepada pasien Anda.

HilmiRahasia dari kesuksesan kita adalah bahwa kita tidak pernah menyerah.

Posting Komentar untuk "Jangan Asal Resepkan Antibiotik, ini 4 Langkah Pencegahan Resistensi Antibiotik"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *