Inilah Penjelasan Mengapa Susu Berwarna Putih

Inilah Penjelasan Mengapa Susu Berwarna Putih

Umumnya susu berwarna putih, kecuali bila diberi pewarna cokelat atau merah muda. Tahukah Anda mengapa susu warnanya putih?

Dilansir dari laman Fonterra, Selasa, 11 Mei 2021, sebenarnya warna putih pada susu tergantung bagaimana susu memantulkan cahaya. Sebagian besar kandungan susu adalah air yang tidak berwarna.

Tetapi, susu juga mengandung protein, lemak, dan vitamin. Salah satu protein utama dalam susu adalah kasein yang bergabung dengan kalsium dan fosfat untuk membentuk partikel kecil yang disebut misel.

Saat cahaya mengenai partikel misel, cahaya akan membiaskan dan menyebar. Ini menyebabkan susu memantulkan semua gelombang cahaya dan tidak menyerap apapun, sehingga membuatnya tampak putih.

Lalu, bagaimana jika susu Anda tidak putih bersih? Tak perlu khawatir karena tidak semua susu berwarna putih sempurna. Sebab gumpalan lemak susu bisa berwarna kuning karena karotenoid, seperti beta-karoten.

Tingkat beta-karoten pada susu dari sapi pemakan rumput lebih tinggi daripada yang kebanyakan makan jerami atau biji-bijian.

HilmiRahasia dari kesuksesan kita adalah bahwa kita tidak pernah menyerah.

Posting Komentar untuk "Inilah Penjelasan Mengapa Susu Berwarna Putih"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *