Ini Bukti Pentingnya Sertifikat Vaksinasi Saat Masuk Berbagai Negara

Ini Bukti Pentingnya Sertifikat Vaksinasi Saat Masuk Berbagai Negara

Masyarakat yang sudah disuntik vaksin Covid-19 mesti mengunduh sertifikat vaksinasi di aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi tersebut menyimpan data vaksin sekaligus sertifikat vaksinasi yang menjadi syarat ketika hendak naik moda transportasi umum, masuk pusat perbelanjaan, dan aktivitas luar ruang lainnya.

Aplikasi PeduliLindungi juga memberitahu bagaimana status kasus Covid-19 di kawasan tertentu dan riwayat perjalanan pemiliknya. Jika ingin melakukan perjalanan internasional, sertifikat vaksinasi atau paspor vaksin juga menjadi syarat wajib.

Memang vaksinasi tidak membuat seseorang benar-benar terhindar dari infeksi Covid-19. Namun setidaknya reaksi yang muncul tidak parah atau sampai fatal. Lantas bagaimana sejumlah negara memberlakukan sertifikat vaksinasi kepada warga negaranya dan pendatang? Berikut ulasannya:

Hingga kini memang belum ada satu format sertifikat vaksinasi Covid-19 yang berlaku universal. Dengan begitu, setiap wisatawan harus menyesuaikan dengan ketentuan di setiap negara yang dikunjungi. Jika kamu singgah ke beberapa tempat, sebaiknya simpan dokumentasi di masing-masing destinasi atau negara itu.

Beberapa perusahaan atau institusi sekarang sedang mengembangkan paspor vaksin global. Asosiasi Transportasi Udara Internasional atau IATA telah meluncurkan Travel Pass Initiative sendiri yang memungkinkan menyimpan data vaksinasi dan rincian pengujian pada aplikasi digital. Ada juga CommonPass, ide serupa dari lembaga nirlaba Swiss, The Commons Project dan Forum Ekonomi Dunia.

Tantangan dalam membuat paspor vaksin yang berlaku di semua negara adalah menciptakan sistem yang mudah digunakan dan melindungi data penggunanya. Sistem itu juga harus mampu menavigasi setiap peraturan serta pembatasan yang kompleks dan selalu berubah di berbagai negara.

HilmiRahasia dari kesuksesan kita adalah bahwa kita tidak pernah menyerah.

Posting Komentar untuk "Ini Bukti Pentingnya Sertifikat Vaksinasi Saat Masuk Berbagai Negara"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *