Hari Kucing Sedunia: Mengenal Munchkin Si Kucing Mungil

Hari Kucing Sedunia: Mengenal Munchkin Si Kucing Mungil

Hari Kucing Sedunia diperingati Ahad, 8 Agustus 2021 ini. Hari Kucing Sedunia sudah dirayakan sejak 2002 lalu oleh komunitas The International Fund for Animal Welfare, yang berpusat di Washington DC, Amerika Serikat (AS).

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan populer masyarakat dunia. Memilih kucing sebagai hewan peliharaan biasanya karena kucing terlihat lucu dan menggemaskan. Jenisnya pun beragam, salah satunya kucing munchkin.

Kucing munchkin atau munchkin breed memiliki kaki yang sangat pendek karena mutasi genetik. Dengan berat sekitar 2-4 kg dan kaki yang pendek tidak mengurangi kemampuan melompat dan berlari mereka. Memiliki karakteristik tubuh mirip kucing domestik, munchkin juga memiliki bulu yang tidak terlalu panjang atau sedang. Juga terdapat munchkin yang berbulu panjang.

Munchkin juga memiliki warna dan pola bulu yang beragam, dilansir dari petfinder.com warna bulu munchkin tidak berpengaruh terhadap warna mata. Mata munchkin berbentuk seperti kenari dan panjang hidungnya sedan. Mereka memiliki moncong sedang yang proporsional dengan kepala dan dahinya rata.

Dari laman milik Asosiasi Kucing Internasional atau, tica.org, kaki pendek milik munchkin tidak menyebabkan masalah pada tulang belakang. Hal ini karena susunan tulang kakinya berbeda dengan anjing kaki pendek seperti Corgis dan Dachshund.

Dengan tubuh mungilnya, kepribadian munchkin menambah kegemasannya. Kucing ini merupakan kucing yang ramah, cerdas, dan mudah untuk diajak berinteraksi. Dikutip dari laman petfinder.com, munchkin bisa menjadi teman setia, rukun dengan kucing jenis lain, bahkan anjing, dan manusia lainnya.

Salah satu kegiatan yang disukai kucing, bergulat dengan kucing lainnya. Hal ini juga disukai oleh munchkin, meski dengan kucing lainnya. Kucing lain juga tidak memandang berbeda munchkin meski berkaki pendek, munchkin pun demikian.

Untuk perawatan dari munchkin sendiri mudah dan cepat. Dari tica.org, untuk melepaskan bulu mati yang lepas, munchkin short hair dapat disisir seminggu sekali dan 2 kali seminggu untuk munchkin long hair agar tidak kusut.

Karena tidak memiliki masalah struktural fisik, kucing munchkin tidak memiliki perawatan khusus. Dari theprucepets.com, munchkin membutuhkan grooming karena dengan kaki yang pendek sulit untuk menjangkau beberapa bagian tubuh.

Disadur dari dailypaws.com, penting untuk memberikan makanan yang berkualitas dan air bersih yang segar. Juga konsultasikan nutrisi yang tepat agar tidak obesitas dan terkena diabetes kucing, mengingat postur kucing munchkin yang pendek. Selain itu penempatan dan pinggiran litter box dan tempat makan dan minum rendah agar mudah dijangkau.

HilmiRahasia dari kesuksesan kita adalah bahwa kita tidak pernah menyerah.

Posting Komentar untuk "Hari Kucing Sedunia: Mengenal Munchkin Si Kucing Mungil"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *