Halusinasi Bisa Terjadi karena Demam Tinggi, Beberapa Obat pun Bisa Mencetusnya

Halusinasi Bisa Terjadi karena Demam Tinggi, Beberapa Obat pun Bisa Mencetusnya

Halusinasi merupakan suatu kondisi di mana seseorang melihat, mendengar, mencium, merasakan atau merasakan hal-hal yang tidak ada di luar pikirannya. Melansir dari Nhs.uk.com, halusinasi umumnya terjadi pada orang dengan skizofrenia, dan biasanya dialami sebagai mendengar suara-suara. Halusinasi bisa menakutkan, tetapi biasanya ada penyebab yang dapat diidentifikasi.

Halusinasi dapat disebabkan oleh penyakit mental, efek samping obat-obatan, atau penyakit fisik seperti epilepsi atau gangguan penggunaan alkohol. Melansir dari Health Line, inilah penyebab terjadinya halusinasi:

1. Penyakit mental Penyakit mental adalah salah satu penyebab paling umum dari halusinasi. Skizofrenia, demensia, dan delirium adalah beberapa contohnya.

2. Konsumsi alkohol atau obat terlarangKedua hal tersebut memungkinkan terjadinya penyebab lain yang cukup umum dari halusinasi. Beberapa orang melihat atau mendengar hal-hal yang tidak ada setelah minum terlalu banyak alkohol atau mengonsumsi obat-obatan seperti kokain. Obat halusinogen seperti LSD dan PCP juga bisa menyebabkan halusinasi.

3. Kurang tidurKurang tidur juga bisa menyebabkan halusinasi. Anda mungkin lebih rentan terhadap halusinasi jika Anda tidak tidur dalam beberapa hari atau tidak cukup tidur dalam jangka waktu yang lama.

Mungkin juga untuk mengalami halusinasi tepat sebelum tertidur, yang dikenal dengan istilah halusinasi hypnagogic, atau tepat sebelum bangun dari tidur, yang dikenal sebagai halusinasi hypnopompic.

4. Obat-obatanObat-obatan tertentu yang dikonsumsi untuk kondisi kesehatan mental dan fisik juga dapat menyebabkan halusinasi. Penyakit Parkinson, depresi, psikosis, dan obat epilepsi terkadang dapat memicu gejala halusinasi.

Kondisi lain juga dapat menyebabkan halusinasi, seperti:

Mengutip dari Digilib.unisayogya.ac.id, dampak yang dapat ditimbulkan oleh pasien yang mengalami halusinasi adalah kehilangan kontrol dirinya. Dalam kondisi ini pasien bisa melakukan bunuh diri (suicide), membunuh orang lain (homicide), dan bahkan merusak lingkungan disekitarnya.

HilmiRahasia dari kesuksesan kita adalah bahwa kita tidak pernah menyerah.

Posting Komentar untuk "Halusinasi Bisa Terjadi karena Demam Tinggi, Beberapa Obat pun Bisa Mencetusnya"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *