Empat Cara Mudah Membersihkan Pusar dengan Aman

Empat Cara Mudah Membersihkan Pusar dengan Aman

Pusar merupakan bagian tubuh yang jarang diperhatikan kebersihannya. Tidak sedikit yang membiarkan kotoran di pusar menumpuk sehingga bisa menjadi sarang bagi kuman untuk berkembang biak.

Mengutip dari laman UPMC Health, rata-rata pusar manusia dihinggapi lebih dari 67 jenis bakteri. Jika dibiarkan, penumpukan bakteri ini bisa menimbulkan penyakit. Salah satunya yaitu mengalami iritasi, reaksi alergi, infeksi, dan gangguan kesehatan lainnya.

Untuk itu, memperhatikan kebersihan pusar merupakan salah satu hal yang penting. Pusar bisa dibersihkan seminggu sekali. Meski demikian, membersihkan pusar tidak boleh dengan cara sembarangan agar tidak menimbulkan rasa sakit. Beberapa cara membersihkan pusar dengan aman yaitu:

Setelah selesai mandi, gunakan gayung untuk mencampurkan air dengan sabun mandi secukupnya. Kemudian ambil kain ataupun handuk yang bersih dan lembut. Setelah itu, celupkan kain tersebut ke air campuran sabun, lalu bersihkan bagian sekitar pusar dengan menyekanya secara lembut.

Jangan lupa untuk membilas pusar dengan air bersih setelah selesai membersihkannya. Bisa juga menggunakan air garam untuk membilas pusar setelah selesai dibersihkan. Setelah pusar dalam keadaan bersih, gunakan lap kering yang bersih dan lembut untuk mengeringkan bagian pusar, atau bisa juga menggunakan tisu.

Caranya yaitu teteskan baby oil dalam lubang pusar dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah kotoran pusar melunak, gosok secara perlahan dan lembut pusar dengan kapas agar kotoran terangkat. Kemudian keringkan bekas baby oil dengan tisu atau lap lembut dan bersih.

Jika memiliki pusar innies atau pusar yang masuk ke dalam, bisa menggunakan cotton bud yang untuk memudahkan mengorek kotoran. Selain menggunakan baby oil, bisa juga menggunakan minyak kelapa, minyak zaitun, ataupun lotion tubuh.

Membersihkan pusar bisa menggunakan scrub alami yang terbuat dari sedikit air dan kopi bubuk. Caranya hampir sama seperti menggunakan lulur di tubuh. Namun, saat menggosokkan scrub di pusar, harus dilakukan secara perlahan dan lembut. Hal ini dikarenakan kulit di bagian pusar sangat tipis, sensitif, dan rentan iritasi.

Caranya yaitu rendam kapas dengan perasan air lemon. Kemudian gosok lembut area pusar dengan kapas yang sudah direndam. Selain bisa membersihkan, air lemon dapat membantu menghilangkan bau akibat tumpukan kotoran yang ada di pusar.

Dalam beberapa kasus, jika seseorang telah mengabaikan pusar selama bertahun-tahun, maka harus ke dokter untuk membersihkannya secara menyeluruh. Salah satu penyebab utama dari pusar yang bau adalah sisa sabun yang tidak dibersihkan dengan rutin.

5 Penyebab Pusar Bau hingga Infeksi

HilmiRahasia dari kesuksesan kita adalah bahwa kita tidak pernah menyerah.

Posting Komentar untuk "Empat Cara Mudah Membersihkan Pusar dengan Aman"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *