Deretan Kota yang Hilang di Dunia, Kini Jadi Situs Warisan Sejarah

Deretan Kota yang Hilang di Dunia, Kini Jadi Situs Warisan Sejarah

Di dunia ini ada sejumlah kota yang dulu berdiri megah, tapi kini telah hilang. Beberapa kota yang hilang itu hanya memiliki fondasi batu yang tersisa, gundukan tanah hingga terbengkalai dengan struktur bangunan bobrok.

Meski begitu, beberapa dicatatkan sebagai situs warisan dunia yang dilestarikan karena menyimpan sejarah perkembangan umat manusia. Berikut daftarnya menurut Times of India:

Babilonia, Irak

Terletak di selatan Baghdad saat ini, Babilonja dilaporkan berkembang di bawah Raja Hammurabi, yang dikenal karena hukumnya yang keras. Kota itu kemudian dipimpin oleh Nebukadnezar II yang memerintahkan pembangunan ziggurat Etemenanki (ziggurat adalah semacam monumen besar). Namun, sampai sekarang, sangat sedikit kota yang tersisa akibat peperangan dan permukaan air yang tinggi.

Herculaneum, Italia

Sama seperti tetangganya, Herculaneum juga hilang akibat aliran lava dan abu Vesuvian pada 79 M. Herculaneum berfungsi sebagai rumah bagi anggota keluarga kekaisaran dan ditemukan sekitar 300 tahun yang lalu.

Lokasi itu masih menjadi tempat penelitian bagi para arkeolog karena aliran piroklastik yang menyelimuti kota selama waktu itu mengkarbonisasi bahan organik sehingga melestarikan tubuh dan struktur manusia.

Angkor, Kamboja

Terletak di Kamboja utara, Angkor terdiri dari reruntuhan ibu kota Kekaisaran Khmer yang berasal dari abad ke-9 hingga ke-15. Struktur bangunan masih berdiri tegak dan telah dilestarikan yang terdiri dari banyak kuil yang dihiasi dengan patung indah seperti Angkor Wat yang terkenal, serta waduk air, kanal dan tanggul.

Petra, Yordania

Petra, yang menjadi ibu kota Kekaisaran Nabataean dari 400 SM hingga 106 M, tetap ditinggalkan selama berabad-abad setelah ditemukan kembali pada 1800-an. Kota besar ini dibangun dan diukir di tebing batu pasir Yordania. Salah satu dari banyak keajaibannya adalah sistem pengumpulan dan pengelolaan air hujan yang unik yang memungkinkan penghuninya berkembang.

Pompeii

Ada beberapa kota yang hilang yang mengalami akhir yang tiba-tiba seperti Pompeii. Kota ini ditemukan pada abad ke-8 atau ke-9 SM, yang kemudian menjadi salah satu kota Romawi yang makmur. Namun kota itu hancur akibat letusan Gunung Vesuvius pada tahun 79 M. Sisa kota yang hilang itu masih bisa dilihat setelah dilakukan penggalian.

HilmiRahasia dari kesuksesan kita adalah bahwa kita tidak pernah menyerah.

Posting Komentar untuk "Deretan Kota yang Hilang di Dunia, Kini Jadi Situs Warisan Sejarah"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *