5 Pelajaran Penting untuk Anak-anak dari Menonton Olimpiade Tokyo

5 Pelajaran Penting untuk Anak-anak dari Menonton Olimpiade Tokyo

Olmpiade Tokyo berlangsung mulai 23 Juli hingga 8 Agustus 2021. Sementara olahragawan terbaik negara bekerja keras untuk membawa pulang kemenangan dan medali, Olimpiade Tokyo 2020 juga merupakan bukti dari banyak pelajaran hidup yang berharga. Terutama jika Anda mengajak anak-anak menonton bersama beberapa pertandingan olahraga di Olimpiade.

Anak-anak bisa duduk dengan kagum dan mungkin terinspirasi untuk memilih olahraga yang mereka sukai, menyaksikan atlet dari seluruh dunia terlibat secara kompetitif, Olimpiade tahun ini juga sangat berbeda. Dari atlet yang memilih untuk terbuka tentang dampak kesehatan mental yang buruk, hingga semangat olahraga yang membuat para pesaing bahkan berbagi medali, ada beberapa pelajaran hidup yang dapat dipelajari anak-anak dari acara olahraga empat tahunan tersebut, seperti dilansir dari laman Times of India berikut ini.

Pelajaran penting untuk anak-anak dari menonton Olimpiade Tokyo

1. Tidak semua kekalahan itu buruk

Peraih medali dan pesenam terkenal Simone Biles mendapat banyak pujian meski harus mengundurkan diri dari Olimpiade di saat-saat terakhir, karena masalah kesehatan mental yang dia alami. Seperti Biles, ada juga banyak olahragawan lain (dan wanita) yang telah berbicara tentang cobaan berat sebagai atlet atau tantangan hidup yang bisa Anda hadapi. Banyak yang bahkan berbicara tentang bagaimana rasanya kalah dalam pertandingan, dan bahkan bagaimana mereka memiliki pelajaran untuk diajarkan.

Ini adalah pelajaran penting untuk diserap pada anak-anak sejak usia dini – tidak semua kekalahan dan kegagalan berarti berita buruk. Sementara kita sering mengajari anak-anak untuk menjadi yang terbaik dalam apa pun yang mereka lakukan, anak-anak juga harus diajari bahwa kegagalan sering kali merupakan batu loncatan menuju kesuksesan, dan seperti halnya para Olympian, mereka juga dapat bangkit kembali.

2. Kemenangan besar tidak datang dengan mudah

Sebuah acara olahraga seperti Olimpiade, yang terjadi setiap empat tahun sekali memiliki banyak hal. Ada kehormatan negara yang dipertaruhkan, persaingan dari berbagai talenta atlet yang terbaik di bidangnya, dan yang paling penting, stres dan pengorbanan yang tinggi.

Anda dan anak-anak mungkin sering bersorak keras untuk setiap atlet yang memenangkan medali – Perunggu, Perak atau Emas, ini membuktikan bahwa pertarungan dan kemenangan yang hebat tidak datang dengan mudah, dan ada banyak kerja keras yang dilakukan. Para atlet, berlatih dengan luar biasa keras, jangan menyerah dan jangan sampai kehilangan target. Ini adalah pelajaran pembelajaran yang bagus untuk dipelajari oleh anak-anak dari segala usia dan untuk menunjukkan seberapa mampu mereka untuk unggul dalam apa pun yang mereka lakukan jika mereka bertekad untuk itu. Ketangguhan dan tekad adalah hal utama yang harus diajarkan kepada anak-anak sejak usia dini dan menghasilkan buah yang paling banyak.

3. Pentingnya kerja sama tim

Anak-anak yang terlibat dalam tantangan tim, atau olahraga memiliki kesempatan untuk belajar banyak pelajaran penting. Sama halnya dengan anak-anak yang menonton olimpiade, bagi para atlet yang berpartisipasi dalam acara ini adalah bagian dari sesuatu yang lebih besar dari diri mereka sendiri. Untuk membawa pulang medasi membutuhkan komunikasi yang sangat baik, sinkronisasi, saling mendukung dan seperti yang telah kita lihat di beberapa acara olahraga akhir-akhir ini, bagaimana setiap orang memiliki peran unik mereka untuk dimainkan sambil bekerja sama untuk kebaikan yang lebih besar.

4. Pengantar olahraga terbaru

Manfaat unik lain dari memperkenalkan seorang anak ke Olimpiade adalah banyaknya acara olahraga unik yang ditawarkan, dan keragaman luar biasa dari orang-orang yang berpartisipasi dalam acara tersebut. Terlebih lagi, jika anak Anda menyukai olahraga, tetapi tidak merasa bahwa dia melakukannya dengan baik dalam olahraga tertentu, paparan olahraga atletik di Olimpiade dapat menjadi contoh cemerlang dari kegiatan dan olahraga baru yang dapat mereka coba. Terlebih lagi, saat anak-anak mengikuti Olimpiade, mereka juga belajar lebih banyak nilai budaya.

5. Kerja keras paling penting

Semua atlet yang berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo tentu bekerja keras, berlatih selama bertahun-tahun, menanggung tekanan dan tantangan di sepanjang jalan untuk memberikan yang terbaik. Namun, tidak semua atlet pulang dengan membawa medali. Meski begitu, setiap upaya partisipatif menandakan sesuatu dan itu adalah perjalanan, dan kerja keras yang paling diperhitungkan, dan bukan hanya perolehan medali. Ini adalah pengingat penting untuk mengajari anak-anak bahwa apa pun yang terjadi, hidup adalah perjalanan panjang yang tidak hanya mengandalkan hasil akhir. Ada lebih banyak batu loncatan – tumbuh, belajar, keberanian, tekad, dan integritas yang dapat memberikan pelajaran yang lebih berharga daripada medali.

HilmiRahasia dari kesuksesan kita adalah bahwa kita tidak pernah menyerah.

Posting Komentar untuk "5 Pelajaran Penting untuk Anak-anak dari Menonton Olimpiade Tokyo"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *