5 Cara Bantu Tingkatkan Pelepasan Hormon Endorfin Tubuh

5 Cara Bantu Tingkatkan Pelepasan Hormon Endorfin Tubuh

Secara alami, tubuh manusia dapat melepaskan hormon pereda nyeri yang dikenal sebagai endorfin. Hormon endorfin ini merupakan neuropeptida opioid yang secara alami diproduksi tubuh untuk menghalangi maupun mengurangi rasa sakit, dan berkaitan dengan perasaan senang. Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hormon endorfin?

1. OlahragaMelansir Good Therapy di alamat goodtherapy.org, dengan berolahraga tubuh akan bergerak, sehingga meningkatkan detak jantung sebagai bagian dari latihan kardiovaskular. Yang mana dapat merangsang produksi endorfin dalam aliran darah.

Segera setelah jantung mulai memompa, dan kelenjar keringat mulai menghasilkan keringat, aliran bahan kimia yang membuat perasaan senang masuk untuk mengurangi persepsi rasa sakit di otak. Namun, Anda mungkin harus melewati tahap awal ketidaknyamanan dalam berolahraga untuk sepenuhnya mengalami induksi endorfin.

2. Minum Alkohol AnggurBeberapa penelitian dapat mengkonfirmasi bahwa anggur dapat meningkatkan bahan kimia yang membuat tubuh merasa baik. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience, menikmati sedikit alkohol, terutama anggur di penghujung hari dapat meningkatkan endorfin dalam tubuh.

Studi lain yang diterbitkan dalam Science Translational Medicine meneliti efek endorfin yang diinduksi alkohol pada otak peminum sosial dan “peminum bermasalah.” Mereka menyimpulkan bahwa endorfin memainkan peran besar dalam keinginan untuk terus minum setelah aliran awal bahan kimia yang membuat seseorang merasa baik telah dilepaskan. Hal ini berlaku untuk peminum sosial dan yang memiliki masalah, meskipun mereka yang rentan terhadap kecanduan memiliki risiko minun berlebihan.

3. AkupunkturPengobatan alternatif akupuntur merupakan jenis pengobatan Cina menggunakan jarum yang sangat tipis untuk merangsang beberapa titik tubuh. Dalam situs Healthline di alamat healthline.com, penelitian dari 2004 telah menunjukkan bahwa endorfin dapat terlepas saat jarum akupuntur ditusuk ke tubuh.

Maka itu terapi akupuntur mampu meredakan rasa sakit, dan menimbulkan perasaan positif.

4. Berhubungan SeksualSaat melakukan hubungan seks, tubuh mampu melepaskan hormon endorfin, oksitosin yang mampu membuat seseorang merasa lebih baik dan senang. Pelepasan hormon ini juga bermanfaat dalam mengurangi rasa sakit dan stres.

5. Makan CokelatSudah lumrah kiranya seseorang mengkonsumsi cokelat untuk meningkatkan rasa senang. Faktanya, menurut Slidell Memorial di situsnya slidellmemorial.org, memang betul cokelat mampu membuat seseorang merasa lebih baik, sebab cokelat mengandung senyawa phenethylamine yang mendorong aktivitas neurotransmitter, dan theobromine, untuk relaksasi dan pelepasan hormon endorfin.

HilmiRahasia dari kesuksesan kita adalah bahwa kita tidak pernah menyerah.

Posting Komentar untuk "5 Cara Bantu Tingkatkan Pelepasan Hormon Endorfin Tubuh"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *