4 Nutrisi yang Tak Boleh Dikonsumsi Berlebihan jika Ingin Berumur Panjang

4 Nutrisi yang Tak Boleh Dikonsumsi Berlebihan jika Ingin Berumur Panjang

Umur panjang tidak hanya dikaitkan dengan jenis nutrisi yang dikonsumsi sehari-hari, tetapi juga jumlahnya. Bukan hanya kekurangan, kelebihan nutrisi tertentu juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Jadi, jika ingin berumur panjang dengan fisik dan mental yang sehat, berikut adalah beberapa nutrisi yang tidak boleh dikonsumsi berlebihan, yang dilansir dari Times of India, Rabu, 15 September 2021.

1. Lemak trans dan lemak jenuh

Lemak trans adalah salah satu jenis lemak makanan yang paling tidak sehat. Tidak hanya meningkatkan kolesterol jahat, tetapi juga menurunkan kolesterol baik. Kelebihan lemak trans dapat membuat lebih rentan terhadap penyakit jantung, salah satu penyakit yang paling fatal pada orang dewasa, menurut American Heart Association. Lemak ini juga dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Demikian pula dengan lemak jenuh. Lemak ini menyebabkan kolesterol menumpuk di arteri dan meningkatkan kadar kolesterol jahat yang menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

2. Garam

Menurut para ahli, kelebihan asupan natrium atau garam dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Selain itu, juga dapat melemahkan tulang mengingat itu dapat menyebabkan hilangnya kalsium. Karena makanan kemasan mengandung kadar natrium yang tinggi, jadi batasi mengonsumsinya apalagi di usia yang semakin tua.

3. Gula

Makanan manis pasti enak, tapi sangat tidak sehat dan berbahaya bagi kesehatan. American Heart Association (AHA) mengklaim bahwa minuman manis mengandung sekitar 47 persen gula tambahan, yang sangat mengkhawatirkan. Asupan gula berlebih dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes, peradangan kronis, dan penyakit hati berlemak, yang semuanya meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

4. Zat besi

Zat besi penting untuk produksi sel darah merah. Namun, konsumsi zat besi yang berlebihan juga dapat merugikan tubuh karena menyebabkan penumpukan zat besi di jaringan dan organ. Jika tidak diatasi, kelebihan nutrisi ini bisa meningkatkan risiko radang sendi, masalah hati, diabetes, gagal jantung, dan kanker.

HilmiRahasia dari kesuksesan kita adalah bahwa kita tidak pernah menyerah.

Posting Komentar untuk "4 Nutrisi yang Tak Boleh Dikonsumsi Berlebihan jika Ingin Berumur Panjang"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *