3 Makanan yang Direkomendasikan Ahli Diet untuk Penambah Kekebalan Tubuh

3 Makanan yang Direkomendasikan Ahli Diet untuk Penambah Kekebalan Tubuh

Ada banyak cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Salah satunya melalui makanan, misalnya yang paling populer adalah irisan jeruk. Namun menurut ahli diet terdaftar, ada banyak pilihan makanan lain yang dapat meningkatkan kekebalan kita.

Berikut ini tiga makan utama yang direkomendasikan oleh ahli diet untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

1. Yerba Mate

Diet yang diisi dengan makanan yang mengandung antioksidan adalah salah satu strategi terbaik untuk mempertahankan sistem kekebalan yang kuat. Tetapi untuk memerangi infeksi bakteri atau virus Anda mungkin ingin mencoba meraih makanan super yang bahkan lebih kuat. “Yerba Mate Argentina mengandung lebih banyak antioksidan dan kandungan polifenol yang lebih tinggi daripada teh hijau, dan tubuh Anda membutuhkan molekul kuat ini bahkan lebih selama musim flu ketika udara kering yang dingin dan lebih banyak waktu yang dihabiskan di dalam berkontribusi terhadap penyebaran penyakit,” kata ahli diet Keri Glassman, seperti dilansir dari laman Real Simple.

Yerba mate mengandung banyak nutrisi yang berkontribusi pada sistem kekebalan yang kuat, termasuk vitamin C, vitamin E, selenium, dan seng. “Ini juga merupakan minuman hangat dan menenangkan yang dapat diseruput sepanjang hari jika Anda merasa kurang sehat, tanpa takut energi gelisah yang tidak diinginkan,” kata Keri.

2. Jahe

Sudah lama disukai karena sifat antibakterinya, jahe adalah penambah kekebalan yang bagus untuk ditambahkan ke dalam makanan Anda. “Komponen fungsional jahe mengekspresikan potensi antioksidan yang menghasilkan peningkatan hasil kesehatan khusus untuk penyakit inflamasi. Karena jahe berpotensi mengurangi oksidasi, jahe dapat membantu memodulasi respons imun,” kata ahli diet Maya Feller. Studi menunjukkan itu juga dapat membantu mencegah mual dan menenangkan sakit perut. Selain itu juga bisa efektif dalam menurunkan kolesterol LDL (hal-hal buruk) dan mengurangi oksidasi, sehingga meningkatkan kekebalan.

Jahe memiliki banyak manfaat kesehatan—termasuk (tetapi tidak terbatas pada) meningkatkan kekebalan Anda—jadi ide yang cerdas untuk memasukkannya ke dalam rutinitas nutrisi harian Anda. Sementara jahe dapat dikonsumsi segar, kering, diasamkan, diawetkan, dijus, atau bubuk, bagi orang yang tidak yakin bagaimana menambahkannya ke dalam makanan mereka, Maya mengatakan cara termudah adalah dengan minum bir jahe rendah gula atau kombucha jahe.

3. Elderberry

Sementara penelitian ini tidak 100 persen konklusif, elderberry telah digunakan sebagai obat flu selama berabad-abad dan dikaitkan dengan manfaat meningkatkan kekebalan dalam beberapa penelitian. Glassman mengatakan elderberry tinggi antioksidan seperti flavonoid dan vitamin C, dan juga telah ditemukan memiliki efek antivirus. “Selain itu, elderberry telah terbukti memiliki efek antivirus pada tikus. Lebih banyak uji klinis diperlukan, tetapi beberapa penelitian pada manusia telah menunjukkan hasil yang menjanjikan,” katanya. Dalam sebuah penelitian terhadap 60 orang dengan gejala flu, peserta yang mengonsumsi 15 mililiter sirup elderberry empat kali sehari mengalami pengurangan gejala rata-rata empat hari lebih awal daripada mereka yang tidak.

“Meskipun menelan ekstrak atau sirup elderberry benar-benar aman, jangan memetik buah beri dan memasukkannya ke dalam mulut Anda—karenaperlu dimasak,” kata Glassman. “Taruhan terbaik Anda adalah membeli sirup atau ekstrak organik berkualitas tinggi.” Juga, jangan berharap sesendok sirup untuk mengatasi kebiasaan lain yang mungkin merusak kekebalan tubuh Anda, seperti kurang tidur atau stres kronis, tetapi menambahkan elderberry ke rutinitas harian Anda bisa menjadi strategi yang patut dicoba.

HilmiRahasia dari kesuksesan kita adalah bahwa kita tidak pernah menyerah.

Posting Komentar untuk "3 Makanan yang Direkomendasikan Ahli Diet untuk Penambah Kekebalan Tubuh"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *